Wednesday, June 19, 2013

Latihan Dasar Pemain Futsal Pemula

Olahraga futsal merupakan salah satu olahraga yang sangat di gemari akhir-akhir ini. Sebagai pemain futsal pemula, penulis akan menjelaskan beberapa latihan dasar yang di rasa perlu oleh pemain-pemain futsal amatir.

Berbeda dengan sepakbola yang dimainkan di lapangan ukuran besar, futsal merupakan olahraga yang biasanya dimainkan di dalam ruangan (indoor). Karena ukuran lapangan yang berukuran relatif kecil inilah para pemain futsal diharuskan untuk terus bergerak layaknya pemain basket. Jika seorang pemain tidak memiliki kekuatan fisik yang mumpuni, akan sangat mungkin terjadi si pemain hanya akan bertahan sekitar setengah jam di lapangan. Pagi hari ini, penulis akan mencoba memberikan beberapa latihan yang insya allah dapat meningkatkan kekuatan fisik pemain futsal amatir.

1. Jogging
Sebagai pemain futsal, pemain diharuskan untuk terus bergerak, baik itu berlari maupun bermanuver. Hal ini menuntut seorang pemain untuk memiliki ketahanan tubuh yang sangat baik. Karena tujuan dari latihan ini adalah meningkatkan ketahanan tubuh, maka acuannya bukanlah kecepatan, melainkan waktu. Lakukan latihan ini setiap pagi dan sore hari masing-masing 30 menit setiap waktunya. Jangan memaksakan diri untuk jogging dengan kencang, karena sekali lagi, kuncinya adalah waktu. Lakukan dengan kecepatan sedang, yang penting cukup 30 menit non-stop. Jika dengan kecepatan tinggi si pemain mampu untuk mempertahankan sampai 30 menit, ini sah saja. Sekali lagi, kuncinya adalah waktu. Jika di rasa masih sanggup berlari setelah 30 menit, silahkan saja.
Sebelum melakukan latihan ini, seperti biasa harus dilakukan peregangan-peregangan untuk menghindari cedera saat latihan.

2. Skipping
Latihan selanjutnya adalah skipping. Karena seorang pemain futsal diharuskan untuk terus berlari, pergelangan kaki pemain harus sangat kuat. Latihan untuk memperkuat pergelangan kaki adalah skipping. Lakukan latihan ini setelah jogging.
Pemain dapat melakukan latihan ini sebanyak 300 lompatan, dengan rincian 50 kali lompatan, istirahat 10 detik, lakukan lagi hingga 6 kali. Maka total adalah 300 lompatan.

3. Renang
Latihan  ini bertujuan untuk meningkatkan kelenturan tubuh pemain. Ketika berenang, semua otot tubuh akan bekerja. Lakukan latihan ini minimal dua kali dalam seminggu. Jangan berenang seperti tidak ada aturan, melainkan berenanglah 30 meter non-stop kemudian beristirahat. Mulai lagi, kemudian beristirahat setiap 50 meter. Lakukan terus berulang hingga terasa cukup, biasanya sekitar 300 meter.
Selain kelenturan tubuh, latihan ini juga berguna untuk memadatkan otot (bukan memperbesar). Otot yang padat akan sangat kuat sehingga untuk bermanuver dapat dilakukan dengan kecepatan tinggi, berbeda dengan otot yang besar yang dapat memperlambat gerakan pemain. Dengan berenang juga akan didapatkan bentuk tubuh yang atletis yang tentu saja impian bagi setiap pria.

Tiga jenis latihan di atas merupakan latihan yang cukup untuk seorang pemain pemula. Selain latihan di atas, wajib diperhatikan :
  • HENTIKAN LATIHAN SEJENAK JIKA NAFAS SUDAH TERENGAH-ENGAH. Lanjutkan ketika di rasa telah normal.
  • No smoking, No alcohol
  • Istirahat cukup
  • Konsumsi makanan bergizi
  • Jangan melakukan olahraga beban berlebihan, karena dapat memperbesar otot
Demikian yang dapat penulis bagi pagi ini. Penulis membuat tulisan ini berdasarkan pengalaman pribadi setelah membaca beberapa referensi latihan di internet. Semoga bermanfaat.
Terima kasih telah berkunjung...

No comments:

Post a Comment